SEPIA

SEPIA (Spiritual, Emotional, Power, Intellectual, Aspiration) , 5 Kecerdasan utama  kunci sukses meraih bahagia.
Kebahagian yang abadi hanya diperoleh atas ridhohNya (baca juga pintu kebahagian) dan untuk itu perlu keseimbangan 5 unsur kecerdasan tersebut yaitu:

Setiap Orang pernah berbuat salah. Tetapi Anda telah bertindak benar dengan membaca Blog ini dan mudah-mudahan dapat mengubah hidup menjadi lebih baik, lebih bahagia, lebih sukses dan lebih bermakna.

Kita dapat menulis dan merencanakan / memikirkan program baru untuk diri kita sendiri..sedangkan binatang tidak dapat ….itulah sebabnya kapasitas binatang relatif terbatas dibandingkan dengan manusia.

Lima Kecerdasan Kunci Sukses meraih Bahagia
Kompetisi yang paling bijak adalah memecahkan rekor Anda sendiri sesuai dengan kemampuan. 
“Ssukses yang diukur dengan pencapaian sesuatu (material) akan terasa bijak, ketika pencapaian ini diikuti dengan perasaan bahagia sekaligus menciptakan efek domino di berbagai sisi kehidupan” , kalimat tersebut tidak benar sepenuhnya, sebagai contoh “adakah semua orang berbahagia karena telah mencapai sukses ??? “, kongkritnya seorang pejabat sukses mendapatkan jabatan dan harta kekakayaan, tetapi tetapi dalam kesehariannya nya dia dironrong dengan issu koruptor dan kesewenangan , berbahagiakah pejabat tersebut???
 Oleh karena rasa bahagia ini bersifat subjektif maka baik kiranya kita menciptakan rasa bahagia dengan menemukan kunci- kunci suksesnya.

Contoh lainnya,  bahwa ketika kita mampu meraih kesuksesan (Material)  maka kita mempunyai peluang yang besar untuk menciptakan kebahagiaan , ketika anak kita sakit dan kita sebagai orangtua tidak mampu membawanya ke dokter karena biaya, bisa jadi kondisi ini menghambat terciptanya kebahagiaan, betul…, tetapi seandainya kita mampu membiayai ke  kedokter tetapi oleh dokter mengatakan prognosa anak jelek,  bahagia kah kita???. Oleh karena itu, sebuah kesuksesan material bukanlah merupakan kunci  dalam menciptakan kebahagiaan.

Kalau dilihat dari sifatnya yang subjektif bahagia adalah buah dari perilaku. Dimana perilaku sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dan kebiasaan merupakan buah dari sikap. Adapun sikap berawal dari paradigma dimana paradigma sangat dipengaruhi oleh pengetahuan. Nah, kesuksesan sangat tergantung dari kemampuan dan kecerdasan kita dalam menangkap pengetahuan, mengolah, menghayati, dan menjadikannya sebagai alat untuk take action dalam meraih tujuan.

Sebuah studi mengenai orang-orang yang sangat sukses menunjukkan bahwa orang-orang sukses memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang cukup baik. Mereka hidup relatif sederhana dibandingkan dengan jumlah kekayaan yang sebenarnya. Kehidupan sosial mereka tergolong sangat baik, selain itu sifat yang paling menonjol adalah keuletan, tangguh, sabar, mampu mengendalikan diri, dan mempunyai keluarga yang harmonis dimana sifat dan karakter ini menunjukkan kecerdasan emosional (EQ) yang sangat baik.

Mereka juga mempunyai kesadaran diri yang tinggi terhadap hukum Tuhan dimana mereka meyakini perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan pula, hal ini mendorong mereka untuk menggunakan kekayaannya demi sesuatu yang lebih bermakna dalam hidupnya. Artinya keyakinan akan hukum Tuhan menandakan bahwa mereka mempunyai kecerdasan spiritual (SQ) yang sangat baik.

Ciri-ciri yang lain adalah mereka mempunyai impian besar dan tujuan yang jelas yang menandakan bahwa mereka juga mempunyai kecerdasan aspirasi (AI) yang baik dalam membangun impian, cita-cita dan tujuan.

Dalam mewujudkan kesuksesannya mereka tidaklah sendirian karena mereka sadar tanpa bantuan orang lain mereka tidak bisa berbuat apa-apa, maka mereka menjalin kerjasama dengan orang lain untuk mewujudkan impiannya. Hal ini memperlihatkan kecerdasan kekuatan (PI) yang baik dalam memanfaatkan kekuatan yang ada di dalam dirinya maupun lingkungan sekitarnya.

Disini terlihat bahwa kelima kecerdasan ini mampu mereka kembangkan dalam meraih  kebahagiaan hidup. Agar mampu untuk bahagia, manusia memerlukan” pengembangan dan keseimbangan kelima kecerdasannya” (kunci sukses meraih kebahagian) 

Sukses umumnya  dalam arti yang luas, menyangkut finansial, bisnis, karir, keluarga, kesehatan, pengembangan diri, , dan semua tujuan tersebut yang berharga bagi manusia/ dirinya namun tidak menjamin suatu kebahagian.

 baca selengkapnya   Sepia 5 Kecerdasan Utama meraih sukses dan bahagia

ASR Search Engine

Tags: , , , , , , , ,

4 Responses to “SEPIA”

  1. Extenze Says:

    Hi there, I found your blog via Google while searching for first aid for a heart attack and your post looks very interesting for me.

  2. vigrx Says:

    Please, can you PM me and tell me few more thinks about this, I am really fan of your blog…

  3. rolsworth Says:

    I read about it some days ago in another blog and the main things that you mention here are very similar

    • Icinno Says:

      The main intelligence that consists of 5 elements is actually the key to success to achieve happiness as long as the five elements are implemented in a balanced manner.
      I know that many sites that discuss the five elements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: