Motivasi

Motivasi Dalam Hidup
Motivasi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari , bekerja , beraktifitas tanpa tujuan , pada akhirnya adalah sesuatu yang sia-sia. terasa membosankan, mengalir begitu saja, tanpa gairah dan akhirnya terjebak dalam hal-hal rutinitas saja. …..
Banyak orang yang menjadi kurang termotivasi dalam hidup ini karena banyak faktor. Faktor karena mengalami kegagalan dan putus asa sehingga merasa enggan untuk bangkit kembali menjadi trauma yang membelenggu. Selain itu pengaruh buruk dari lingkungan juga turut mengurangi motivasi seseorang. Karena berada dalam lingkungan orang-orang yang selalu pesimis, banyak alasan, negative thinking dan sejenisnya, secara perlahan-lahan motivasi kita diracuni oleh orang-orang tersebut. Faktor lainnya karena kita tidak pernah membuat rencana dalam hidup ini, atau kalaupun ada seringkali tidak mempunyai tujuan yang jelas dan tidak mungkin dicapai.
Motivasi pada dasarnya datang dari dalam diri kita masing-masing. Motivasi akan muncul ketika berhubungan dengan nilai-nilai kehidupan seperti keinginan, ambisi, kebutuhan dan impian. Motivasi juga muncul dari pengalaman dan tantangan dalam hidup kita. Faktor lainnya yang turut membentuk motivasi kita berasal dari keluarga, teman dan memiliki kehidupan finansial yang lebih baik, Anda akan bekerja dan berusaha lebih giat. Ketika Anda ditantang untuk membuktikan kemampuan Anda, Anda akan berusaha lebih keras agar mencapai prestasi yang lebih baik. Ketika keluarga Anda hidup dalam kekurangan, Anda termotivasi untuk mengubah kehidupan Anda agar dapat hidup lebih layak.

Motivasi seperti apa yang diperlukan untuk bisa sukses? Saya teringat sebuah cerita sbb:

Suatu ketika seorang pemuda yang baru saja menyelesaikan sekolahnya pergi menemui seorang Kakek Maha Guru yang dikenal sebagai orang tua yang bijak bag masyarakat di desanya. Kedatangan sang pemuda disambut Kakek Maha Guru dengan ramah dan kemudian pemuda tersebut bertanya, Wahai Kakek Maha Guru yang bijaksana, beritahukan padaku rahasia untuk meraih kesuksesan dalam hidup ini?

Sang kakek tertegun mendengar pertanyaan anak muda itu, namun segera berdiri dan mengajak pemuda tersebut keluar dari rumahnya dan berjalan kaki menelusuri kalan dan perbukitan hingga berhenti di sebuah sungai. Mereka menyeberangi sungai sampai di tengah sungai yang ternyata agak dalam. Sang kakek menyuruh pemuda tersebut mengamati dasar sungai itu, pada saat wajah pemuda sudah dekat dengan permukaan air sungai tiba-tiba sang kakek membenamkan kepala pemuda ke air yang membuat anak muda ini berontak dan berusaha keras mengeluarkan kepalanya dari air, begitu berlangsung hingga tiga kali. Melihat sang pemuda sudah lemas, sang Kakek Maha Guru pun menariknya ke pinggir sungai untuk beristirahat sejenak lalu mengajaknya pulang.

Sesampai dirumah, sang pemuda masih terdiam memendam rasa kesal akibat peristiwa tadi, kemudian sang kakek bertanya kepadanya, Apa yang paling kamu inginkan ketika kepalamu tenggelam di sungai tadi?Dengan penuh rasa geram, spontan anak muda itu menyahut, Tentu saja saya ingin bernafas!

Orang tua itu melanjutkan perkataannya dengan tenang, Anak muda, jika motivasimu untuk sukses sekuat keinginanmu untuk bernafas saat kepalamu terbenam di sungai, maka kamu akan menemukan rahasia kesuksesan yang sesungguhnya, engkau akan selalu menemukan solusi dari hambatan-hambatan dalam proses perjalananmu menuju sukses.

Motivasi adalah burning desire, semangat atau dorongan yang memungkinkan kita melakukan hal-hal tersebut. Orang yang tidak mempunyai motivasi dalam hidupnya adalah orang yang tidak akan melakukan banyak hal yang berarti dalam hidupnya. Bila saat ini Anda tidak tahu motivasi hidup Anda saat ini, sebaiknya Anda segera menemukannya kembali. Karena jika tidak, maka Anda akan menjadi orang yang tertinggal dan tidak dapat menikmati hidup ini.

Pada saat Anda jatuh, bangkitlah kembali dan gali serta temukan motivasi hidup Anda. Ingat bahwa Anda punya impian dalam hidup ini. Jika Anda belum memiliki impian, buatlah! Jangan tunggu lagi! Impian Anda adalah motivasi hidup Anda.

Membangkitkan Motivasi untuk Mencapai Tujuan Anda
Kata motivasi semakin sering digunakan akhir-akhir ini. Baik itu di buku-buku populer, seminar-seminar atau lainnya, terutama dalam hal yang menyangkut pengembangan diri. Apa sebenarnya motivasi itu, dari mana dan kenapa perlu motivasi terutama dalam pengembangan diri? Bila anda mempunyai keinginan, maka anda perlu motivasi untuk memanifestasi keinginan tersebut. Hanya dengan afirmasi atau niat, tanpa motivasi, belum cukup untuk mewujudkannya.

“Saya bermotivasi tinggi untuk memperbaiki diri sendiri” sebuah contoh kalimat yang digunakan untuk menaikkan motivasi pada diri kita sendiri, untuk sesuatu yang kita inginkan.

Jadi apa sebenarnya motivasi itu?

Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud. Motivasi adalah sebuah energi pendorong yang berasal dari dalam kita sendiri.

Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud. Energi pendorong dari dalam agar apapun yang kita inginkan dapat terwujud. Motivasi erat sekali hubungannya dengan keinginan dan ambisi, bila salah satunya tidak ada, motivasi pun tidak akan timbul.

Banyak dari kita yang mempunyai keinginan dan ambisi besar, tapi kurang mempunyai inisiatif dan kemauan untuk mengambil langkah untuk mencapainya. Ini menunjukkan kurangnya enrgi pendorong dari dalam diri kita sendiri atau kurang motivasi.

Motivasi akan menguatkan ambisi, meningkatkan inisiatif dan akan membantu dalam mengarahkan energi kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dengan motivasi yang benar kita akan semakin mendekati keinginan kita.

Biasanya motivasi akan besar, bila orang tersebut mempunyai visi jelas dari apa yang diinginkan. Ia mempunyai gambaran mental yang jelas dari kondisi yang diinginkan dan mempunyai keinginan besar untuk mencapainya. Motivasilah yang akan membuat dirinya melangkah maju dan mengambil langkah selanjutnya untuk merealisasikan apa yang diinginkannya.

Lakukan apapun dalam pengembangan diri anda dengan motivasi, baik itu karir, hubungan, spiritual, pekerjaan, menulis, memasak, membeli rumah, mendapatkan pacar, mengajar anak atau apapun. Motivasi ini akan ada, bila ada visi yang jelas dari apa yang anda akan lakukan, mengetahui apa yang akan anda lakukan dan percaya akan kekuatan yang ada pada anda sendiri. Ia akan merupakan kunci sukses dari apapun yang anda lakukan.

Untuk termotivasi, ketahui terlebih dahulu apa yang anda inginkan selanjutnya anda harus dapat meningkatkan energi keinginan itu dan siap untuk melakukan apa saja agar keinginan dapat tercapai.

Motivasi berkaitan erat dengan tercapainya sesuatu keinginan. Sering kita gagal mencapai apa yang kita lakukan, misalnya berhenti minum kopi, merokok dan lainnya karena motivasinya kurang.

Apakah hubungannya motivasi dengan emosi? Sangat erat hubungannya. Keduanya diperlukan untuk proses tercapainya suatu keinginan. Disiplin adalah hal yang perlu agar keinginan tercapai. Untuk tetap disiplin, motivasi yang tinggi akan sangat membantu.

Dalam kehidupan kita, kita sering meniatkan untuk melakukan pengembangan atau merubah kondisi yang kita miliki, tapi sering tidak dilakukan dan berhenti hanya sebagai niat saja. Kenapa berhenti? Itu terjadi karena kurangnya motivasi, antusiasme, keinginan, determinasi, kemauan dan disiplin.

Cobalah setelah membaca tulisan ini untuk benar-benar mengembangkan atau merubah kondisi yang tidak sesuai yang ada dalam diri anda, anda pasti bisa.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: