Langkah SEPIA menyempurnakan Usaha

Saya pernah mendengar seorang murid bertanya kepada Gurunya ” Bagaimanakah melakukan suatu perbuatan Amal??”
Jawab Guru ” 3 M yaitu Mulai dari Kecil, Mulai dari Sekarang dan Mulai dari Diri Sendiri” 

Cukup praktis. Karena itu saya mudah ingat. Dan untuk menghayati 3M itu maka saya buat juga 5 Langkah SEPIA (Spritual, Emotional, Power, Intelectual, Aspiration) untuk menyempurnakan usaha. (Aspirasi)
Lima langkah menyempurnakan usaha :
• S : Sucikan niat hanya untuk ibadah
• E : Eksekusi (jalankan) dengan antusias
• P : Permudah dengan semua bantuan
• I : Indahkan dengan kualitas keahlian
• A : Arahkan dengan kejelasan tujuan

S : Sucikan niat hanya untuk ibadah
Apakah Anda sadar ketika hanya bangun di pagi hari, melakukan aktifitas sepanjang hari, kembali tidur di malam hari, dan esoknya kembali melakukan hal yang sama? Lalu untuk apa semua kegiatan tersebut?
Orang bergantian lahir, dan bergantian dipanggil kembali oleh Tuhan. Hari ini, Senin 29 Agustus 2005, seorang tokoh cendekiawan Indonesia yaitu Cak Nur (Nurcholis Majid) meninggal dunia. Saya termenung, dan kembali sadar.. hidup amatlah pendek untuk sekedar dipakai foya-foya. Lalu kapan kita beramal kebaikan? Sesungguhnya setiap kegiatan bahkan yang hanya ditujukan untuk diri sendiri selalu dapat menjadi amal kebaikan ketika niatnya kembali disucikan untuk ibadah. Mandi adalah ibadah (karena kita menjadi sehat dan wangi, sehingga membawa kebaikan bagi banyak orang), tidur adalah ibadah, makan (yang halal) juga ibadah, karena ibadah adalah ‘melaksanakan perintah Tuhan, dan menjauhi larangan-Nya’. Dengan demikian bekerja adalah ibadah, memberi nafkah keluarga juga ibadah, bahkan berwisata jalan-jalan pun adalah ibadah, selama niatnya terus disucikan.

E : Eksekusi (jalankan) dengan antusias
Frank Bettger, seorang salesman yang sangat berhasil, memberi hanya sebuah kata saja dari rahasia penjualan yang sukses yaitu : Antusiasme!
Frank mengatakan bahwa bila seseorang menjual dengan antusias maka pembeli akan menaruh perhatian. Demikian pula kalau main bisbol dengan antusias, membuat patung dengan antusias, emnyanyi dengan antusias, juga pidato dengan antusias. Antusias secara ajaib membawa suasana positif dalam bekerja.
Bekerjalah dengan antusias, maka keajaiban akan datang!

P : Permudah dengan semua bantuan
Mengapa harus dikerjakan sendiri? Kalau memang ada orang yang bisa membantu, juga ada alat yang bisa membantu, pekerjaan akan menjadi lebih cepat selesai, dan Anda bisa berkarya lebih banyak lagi.

I : Indahkan dengan kualitas keahlian
Orang akan menaruh hormat kepada hasil yang disempurnakan dengan kecermatan dan standar pengerjaan yang tinggi. Asah terus keahlian agar bisa menjadi lebih sempurna.

A : Arahkan dengan kejelasan tujuan
Bila tak punya tujuan, jalan manapun yang dipilih akan sama saja. Tujuan yang jelas akan memberi panduan kepada indera bawah sadar untuk lebih peka terhadap semua sumber daya yang tersedia di sekeliling kita. Tujuan yang jelas juga akan mampu menimbulkan motivasi untuk meraihnya.
Demikian 5 langkah ajaib Kung Fu SEPIA. Bila terus kita menerapkannya maka kualitas usaha kita akan menjadi makin sempurna.
Lima langkah SEPIA ini sudah menerapkan 3M yaitu mulai dari kecil (masih terus disempurnakan), mulai dari diri sendiri (saya gunakan), dan mulai dari sekarang (saat Anda membaca tulisan ini). Silahkan memberi usulan untuk memilih “kalimat yang lebih tepat dan inspiratif”. Ada hadiahnya loh : mendapat pahala amal jariyah dari setiap orang yang menerapkannya

lihat juga Sepia 5 Kecerdasan Utama meraih sukses dan bahagia

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: